GOTAKAN BERSIH. GOTAKAN SEHAT. GOTAKAN MAJU. GOTAKAN RUMAH KITA

Artikel

Pembangunan Talud Rampung, Warga Terbantu

26 Desember 2022 11:14:44  Administrator  52 Kali Dibaca  Berita Desa

Talud di RT 003/RW 002 Padukuhan Kemendung (dok. kalurahan)

Sebagian wilayah di Desa Gotakan akan terendam banjir ketika hujan deras, termasuk di Padukuhan Kemendung. Air tidak hanya menggenangi area persawahan, tetapi juga merangsak masuk ke permukiman warga. Dampak yang ditimbulkan akibat terjangan banjir juga tidak sedikit. Petani mengalami kerugian karena gagal panen, beberapa warga kehilangan ternak ikan yang lolos bersama luapan air, bahkan adanya resiko terkena penyakit kulit dan desentri.

Sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya banjir di Padukuhan Kemendung, maka Pemerintah Kalurahan Gotakan membangun talud drainase yang didanai dari anggaran APBD Kabupaten Kulon Progo. Proyek ini terlaksana berkat dukungan dari Drs. Suharto selaku anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo yang sebelumnya telah menerima aspirasi masyarakat. Proyek pembangunan talud mulai digarap pada tanggal 10 Desember tahun 2022 dan rampung pada 22 Desember 2022. Proyek pembangunan talud dilaksanakan di dua lokasi yaitu di RT 004/RW 002, kemudian dilanjutkan RT 003/RW 002 Padukuhan Kemendung.

Talud di RT 003/RW 004 Padukuhan Kemendung. (dok. Kalurahan)

Talud di RT 004/RW 002 Padukuhan Kemendung (dok. Kalurahan)

Pembangunan talud dengan panjang masing-masing 30 meter ini telah menghabiskan dana sebesar Rp 197.000.000,-. Pemerintah kalurahan juga telah melaksanakan sosialisasi tahap awal pada  25 November 2022. Sosialisasi ini dihadiri oleh Lurah Gotakan beserta beberapa perangkat desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat. Dalam kunjungannya R. Redy Hartanto, B.Sc. SE., selaku Lurah Gotakan mengimbau agar masyarakart turut hadir untuk mengawasi pembangunan proyek dan diminta kerja samanya untuk bergotong-royong membersihkan area di sepanjang bantaran sungai. Mengetahui hal ini masyarakat berterima kasih dan berharap proyek pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar.

Ditemui dalam sebuah kesempatan, Iman Suharso selaku Ulu-ulu Kalurahan Gotakan  menyampaikan bahwa, “Kami berharap dengan adanya pembangunan talud drainase ini dapat membawa kebermanfaatan dan meminimalisir terjadinya banjir di Padukuhan Kemendung. Kedepannya semoga proyek talud tidak hanya berhenti pada titik ini saja, tetapi dapat diselesaikan sepanjang aliran sungai yang membelah Padukuhan Kemendung." (23/12). (DKA)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Pedukuhan III Gotakan RT 009 RW 005 Gotakan Panjatan Kulon Progo
Kalurahan : Gotakan
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 027475195
Email : gotakanpanjatan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:54
    Kemarin:50
    Total Pengunjung:27.522
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.70.233
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID