GOTAKAN BERSIH. GOTAKAN SEHAT. GOTAKAN MAJU. GOTAKAN RUMAH KITA

Artikel

Cegah Longsor, Pemerintah Kalurahan Bangun Talud

12 September 2022 09:07:52  Administrator  1.159 Kali Dibaca  Berita Desa

Talud di Padukuhan Karang Tengah (dok. kalurahan)

Beberapa tahun terakhir masyarakat mengeluhkan kondisi jalan di Padukuhan Karang Tengah. Kondisi jalan yang sempit dan rawan longsor membuat aktivitas warga sedikit terganggu. Melihat kondisi ini Pemerintah Kalurahan Gotakan berupaya meminimalisir terjadinya longsor dengan membangun talud penopang jalan. Proyek ini telah dikerjakan sejak tanggal 27 Juni 2022 dan rampung pada 9 September 2022. Pembangunan talud sepanjang 65 meter ini menghabiskan dana  Rp 188.803.255,- yang berasal dari APBD Provinsi dan dikerjakan secara swakelola oleh tenaga tukang.

“Pembangunan ini terlaksana karena adanya aspirasi masyarakat, kemudian pemerintah desa membuat proposal dan didanai APBD Provinsi. Di Kabupaten Kulon Progo ada 17 titik yang mendapat pendanaan, salah satunya Kalurahan Gotakan.”, ungkap Iman Suharso selaku Ulu-ulu Kalurahan Gotakan.

Talud di Padukuhan Karang Tengah (dok. kalurahan)

Tahapan awal pembangunan talud meliputi sosialisasi dan himbauan langsung dari Lurah Gotakan kepada warga Padukuhan Karang Tengah. Lurah Gotakan mengimbau agar masyarakat bergotong-royong membersihkan bakal lokasi pembangunan. Kemudian sebelum dilaksanakan eksekusi pembangunan, tim konsultan terlebih dahulu melakukan observasi volume talud.

Dalam wawancara yang telah dilakukan sebelumnya Iman Suharso menyampaikan bahwa,”Ya semoga dengan adanya pembangunan talud ini dapat membawa kebermanfaatan bagi masyarakat karena diharapkan talud dapat meminimalisir kelongsoran dan jalan menjadi lebar serta tidak curam. Kemudian pembangunan talud juga bertujuan untuk penataan lingkungan. Harapannya pembangunan talud ini ada keberlanjutannya, tidak berhenti hanya sampai di titik ini saja tetapi bisa diselesaikan sisanya sampai ke ujung timur.” (DKA)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Pedukuhan III Gotakan RT 009 RW 005 Gotakan Panjatan Kulon Progo
Kalurahan : Gotakan
Kapanewon : Panjatan
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55655
Telepon : 027475195
Email : gotakanpanjatan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:87
    Kemarin:91
    Total Pengunjung:63.011
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.0.25
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Statistik SID